www.calesmart.com
www.calesmart.com
www.calesmart.com
www.calesmart.com

Graphical User Interface pada matlab dan penggunaannya

www.blog.calesmart.com

Halo sahabat blogger,pda kali ini topik kita tentang matlab, sudah kenal dengan software matlab? Kalo belum kenal mungkin bisa di baca disini dulu. Nah pada kali ini kita akan mengenal aplikasi pada matlab dengan menggunakan GUI. Apa itu GUI? GUI (Graphical User Interface) adalah interface yang dibangun dengan obyek grafik seperti tombol, kotak, panel, teks, slider, dan menu agar mudah di pelajari dan digunakan khalayak orang banyak.

Pada GUI mempunyai kelebihan tersendiri dibandingkan dengan bahasa pemrogram yang lain antara lain:

  1. GUIDE Matlab banyak digunakan dan cocok untuk aplikasi-aplikasi berorientasi sains, sehingga banyak peneliti dan mahasiswa menggunakan GUIDE Matlab untuk menyelesaikan riset atau tugas akhirnya.
  2. GUIDE Matlab mempunyai fungsi built-in yang siap digunakan dan pemakai tidak perlu repot membuatnya sendiri.
  3. Ukuran file, baik FIG-file maupun M-file, yang dihasilkan relatif kecil.
  4. Kemampuan grafisnya cukup andal dan tidak kalah dibandingkan dengan bahasa pemrograman lainnya.

Jenis-jenis dan Penggunaan GUI

Pada matlab, untuk menjalankan GUI dengan cara ketik GUIDE pada command.

>>guide [enter]

Kemudian akan muncil tampilan kotak dialog seperti pada gambar berikut ini

www.blog.calesmart.com

Untuk mempermudah pengerjaan dalam pembuatan suatu tampilan, pada GUI menyediakan beberapa template yang langsung dapat digunakan antara lain: Blank GUI, GUI with Uicontrols, GUI with Axes and Menu, Modal Questions Dialog. Tampilan jenis-jenis GUI bisa dilihat pada gambar berikut ini:

www.blog.calesmart.com

GUI dengan uicontrol

www.blog.calesmart.com

GUI dengan axes dan menu

www.blog.calesmart.com

GUI dengan dialog pertanyaan

Pada pilihan Create New GUI terdapat menu GUIDE templates yang memiliki beberapa tipe dasar dari GUI, sehingga dapat dilakukan modifikasi pada template agar menjadi GUI seperti yang diharapkan. Sebagai pemula, digunakan Blank GUI (Default) yang merupakan sebuah GUI dengan figure kosong dan merupakan kondisi default dari GUIDE dan diplih jika memang akan membuat sebuah aplikasi dengan komponen yang layout-nya tidak terdapat pada GUI template yang lain. Setelah memilih Blank GUI templates, maka akan muncul tampilan Menu Utama. Tampilan menu utama ditunjukkan pada gambar berikut

www.blog.calesmart.com

Tampilan menu utama pada GUI matlab dengan mode bank

Komponen Pada GUI

Komponen palet pada GUIDE Matlab dapat dilihat pada gambar berikut ini

www.blog.calesmart.com

Jenis-jenis komponen yang digunakan pada GUI

Pushbutton

Pushbutton merupakan jenis kontrol berupa tombol tekan yang akan menghasilkan tindakan jika diklik, misanya tombol OK, Cancel, Hitung, Hapus, dan sebagainya. Untuk menampilkan tulisan pada pushbutton kita dapat mengaturnya melalui property inspector dengan mengklik obyek pushbutton pada figure, lalu mengklik toolbar property inspector atau menggunakan klik kanan lalu pilih property inspector.untuk tampilan push button dapat dilihat pada gambar berikut ini

www.blog.calesmart.com

Tampilan penggunaan push button pada GUI matlab

Toggle Button

Toggle button memiliki fungsi yang sama dengan pushbutton. Perbedaanya adalah saat pushbutton ditekan, maka tombol akan kembali pada posisi semula jika tombol mouse dilepas, sedangkan pada toggle button, tombol tidak akan kembali ke posisi semula, kecuali kita menekannya kembali.

Radio Button

Radio button digunakan untuk memilih atau menandai satu pilihan dari beberapa pilihan yang ada. Misalnya, sewaktu kita membuat aplikasi operasi Matematika (penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian).

Edit Text dan Static Text

Edit text digunakan untuk memasukkan atau memodifikasi suatu text yang diinputkan dari keyboard, sedangkan static text hanya berguna untuk menampilkan text/tulisan, sehingga kita tidak bisa memodifikasi/mengedit text tersebut kecuali memalui property inspector.

Frames

Frames merupakan kotak tertutup yang dapat digunakan untuk mengelompokkan kontrol-kontrol yang berhubungan. Tidak seperti kontrol lainnya, frames tidak memiliki rutin callback.

Checkboxes

Kontrol checkboxes berguna jika kita menyediakan beberapa pilihan mandiri atau tidak bergantung dengan pilihan-pilihan lainnya. Contoh aplikasi penggunaan checkboxes adalah ketika kita diminta untuk memilih hobi. Karena hobi bisa lebih dari satu, maka kita dapat mengklik checkboxes lebih dari satu kali.

Slider

Slider berguna jika kita menginginkan inputan nilai tidak menggunakan keyboarad, tatapi hanya dengan cara menggeser slider secara vertical maupun horizontal ke nilai yang kita inginkan. Dengan menggunakan slider, kita lebih fleksibel dalam melakukan pemasukan nilai data karena kita dapat mengatur sendiri nilai max, nilai min, serta sliderstep.

Pop Up Menu

Pop Up menu berguna menampilkan daftar pilihan yang didefinisikan pada String Propoerty ketika mengklik tanda panah pada aplikasi dan memiliki fungsi yang sama seperti radio button. Ketika tida dibukak, popup menu hanya menampilkan satu item yang menjadi pilihan pertama pada String Property. Popupmenu sangat bermanfaat ketika kita ingin memberi sebuah pilihan tanpa jarak, tidak seperti radiobutton.

Axes

Axes berguna untuk menampilkan sebuah grafik atau gambar (image). Axes sebenarnya tidak masuk dalam UIControl, tetapi axes dapat deprogram agar pemakai dapat berinteraksi dengan axes dan obyek grafik yang ditampilkan melalui axes.

Untuk penggunaan masing-masing komponen di atas, bisa di baca pada artikel selanjutnya.

Oktober 3rd, 2017 by