www.calesmart.com
www.calesmart.com
www.calesmart.com
www.calesmart.com

Jenis-jenis Mikrokontroller Arduino yang sering di gunakan

arduino

hallo sahabat blogger, maaf udah lama gak posting di blog ini, kemarin baru sibuk..he he he, sok sibuk….Pada kali ini saya coba berbagi tentang arduino, Nah menurut anda, apa yang anda pikirkan ketika dengar kata arduino? arduino adalah salah satu jenis mikrokontroller yang sekarang populer dan banyak digunakan khususnya dunia riset. Kalo dulu mikrokontroller yang digunakan masih menggunakan MCS51 dengan bahasa Assembly kemudian di susul dengan AVR8535 dan sekarang menggunakan Arduino. Perkembangan mikrokontroller sekarang semakin pesat yang di iringan dengan banyaknya riset- riset tentang robotika baik untuk sekedar hobby maupun untuk kontes. Pada arduino ini chip mikrokontroller yang digunakan yaitu AVR.

Jenis-jenis Arduino.
Perkembangan pemrograman arduino lahir dimulai dari Arduino Uno sampai sekarang arduino Robot. Pada kali ini saya coba paparkan jenis-jenis arduino yang seringkali kita temui untuk aplikasi mikrokotroller, untuk jenis-jenis arduino yang lebih detail bisa sobat cari di link ini atau klik disini.
1. Arduino Uno, jenis ini yang paling banyak digunakan dan diminati. Selain harga yang cukup terjangkau untuk kalangan mahasiswa dan pemula juga untuk mempelajarinya paling mudah. Pin I/O yang digunakan lebih sedikit dibandingkan jenis arduino yang lain. Sehingga untuk jenis ini, sangat di sarankan untuk pemula seperti saya ini. he he he. Arduino Uno untuk versi terakhir adalah arduino uno R3 dengan 14 pin I/O dan 6 pin analog. Untuk download pemrograman cukup menggunakan USB type A to type B yang bentuk fisik kabelnya menggunakan kabel USB. Untuk Gambar Arduino Uno bisa dilihat pada gambar berikut ini.

www.blog.calesmart.com

Gambar Arduino Uno

2. Arduino Mega, Pada Arduino ini mirip dengan arduino mega, sama-sama download pemrograman menggunakan USB type A to Type B. Arduino ini menggunakan chip yang lebih tinggi yaitu ATMEGA2560. Untuk jumlah pin I/O digital dan I/O lebih benyak dibandingkan arduino Uno. Untuk Gambar Arduino Mega bisa di lihat pada gambar berikut ini.

www.blog.calesmart.com

Gambar Arduino Mega

3. Arduino Nano, Bentuk arduino ini seperti namanya yaitu nano yang berarti kecil. Secara fisik Arduino ini lebih kecil di bandingkan arduino Uno, namun dapat menyimpan banyak fasilitas yang sudah di lengkapi dengan FTDI untuk pemrograman lewat Mikro USB. Pin yang yang terdapat pada arduino ini lebih banyak di bandingkan arduino Uno, yaitu Pin I/O digital berjumlah 14, dan Pin I/O analog berjumlah 8. Untuk Gambar Arduino Nano bisa dilihat pada gambar berikut ini.

www.blog.calesmart.com

Gambar Arduino nano

4. Arduino Ethernet, Arduino ini sudah di lengkapi dengan fasilitas ethernet sehingga dapat berkomunikasi melalui jaringan kabel LAN.Untuk fasilitas pada pin I/O digital dan pin I/O analog sama dengan Arduino Uno.

www.blog.calesmart.com

Gambar Arduino Ethernet

5. Arduino Robot, Arduino ini adalah paket komplit yang sudah berbentuk Robot yang sudah di lengkapi beberapa feature yang belum ada di arduino lain, Karena berbentuk robot maka arduino ini juga menyediakan semua peripheral yang sobat butuhkan dalam membangun sebauh robot. untuk contohnya bisa soba lihat di link ini. www.blog.calesmart.com

Nah sekarang sobat mau pilih yang mana untuk implentasi risetnya? dari sekian banyak jenis arduino yang bisa di sarankan untuk pemula hanya arduino Uno. Untuk mengikuti perkembangan tentang mikrokontroller arduino bisa sobat kunjungi link resmi arduino uno atau klik disini. semoga bermanfaat.

Agustus 1st, 2017 by