www.calesmart.com
www.calesmart.com
www.calesmart.com
www.calesmart.com

Aplikasi jam digital dengan alarm menggunakan arduino nano dan RTC

www.blog.calesmart.com

selamat pagi, blogger, udah lama banget nich blog nya vakum. belum sempat upload artikel- artikel yang sekirannya dapat bermanfaat untuk kita semua. nach pada kesempatan kali ini saya akan membagikan bagaimana cara membuat jam digital yang berbasis arduino nano. kog nano sich emang ada ya? emang teknologi sekarang sudah menuju ke nano ya? Dalam teknologi mikrokontroller,jenis-jenis arduino ada beberapa macam antara lain: arduino uno, arduino mega dan arduino nano. jika ingin mengenal mikrokontroller secara standar ,rekan-rekan blogger bisa memilih arduino uno, karena selain pin nya tidak terlalu banyak juga mempunyai harga yang relatif murah. sedangkan ingin membuat aplikasi menggunakan pin yang lebih banyak bisa memilih arduino mega untuk solusinya.

Nah pada kali ini, saya bagikan karya mahasiswa saya dengan nama kurnianto dan krisna dengan aplikasi rangkaian yang digunakan yaitu menggunakan arduino nano. bagaimana rangkaian, program serta pin yang digunakan? jika rekan-rekan bingung untuk programnya, rekan bloger bisa download programnya dibawah ini dengan gratisss.

Pada aplikasi jam digital ini selain menggunakan mikrokontroller arduino nano juga menggunakan modul DS 1307 yang digunakan sebagai RTC nya. Jam digital merupakan merupakan rangkaian yang bekerja dengan cara asinkron yang berupa pencacah naik. Rangkaian ini dirancang seperti pada umunya sebuah jam yang penunjukkannya memiliki ketelitian  terhadap bilangan yaitu detik, menit hingga jam yang memakai system dua puluh empat jam. Untuk tampilan waktu, rangkaian ini akan dilengkapi dengan empat buah penampil dan seven segment atau tujuh buah ruas LED.

Berikut komponen yang digunakan dalam pembuatan jam digital ini.

  1. Dioda Zenner
  2. PCB
  3. Transistor
  4. DS 3017
  5. LED 5MM
  6. Resistor 10k Ohm (1/2 Watt)
  7. CR 2032 + Lithium Cell
  8. Socket 5 V DC
  9. Push Button
  10. 7 Segment
  11. IC regulator L7508
  12. Timah
  13. Buzzer

Skematik yang digunakan dalam rangkaian jam digital ini bisa dilihat pada gambar berikut ini.www.blog.calesmart.com

Sedangkan listing program yang digunakan dalam jam digital sebagai berikut:

hasil dari pembuatan jam digital bisa dilihat pada gambar berikut ini.www.blog.calesmart.comSemoga bermanfaat, salam ngeblog.

Juli 18th, 2017 by