www.calesmart.com
www.calesmart.com
www.calesmart.com
www.calesmart.com

Jam + Jadwal Sholat Abadi LCD 20×4 Menggunakan Arduino Uno (Arduino Praytime)

s

   Pada postingan kali ini saya memanfaatkan waktu libur menjelang Bulan puasa dan Saya mempunyai ide yaitu membuat jam digital yang dilengkapi dengan waktu shalat. Karena pada saat bulan ramadhan identik dengan hal-hal yang berbau dengan Religi. Pada kesempatan yang pertama ini saya masih menggunakan LCD 20×4, Dan mengguunakan kontroller Arduino Uno. Jam ini dilengkapi dengan berbagai Fitur, Yang Paling diminati dari Jam ini adalah Kecanggihannya, karena Jam ini dapat Dipakai Diseluruh Penjuru INDONESIA karena yang digunakan untuk settingan waktunya saya menggunakan Rumus Titik Koordinat Latitude dan Longitude

     Jam ini dilengkapi dengan fitur tambahan Seperti Pengingat Waktu Shalat yang akan ditandai dengan Bell dan pada setiap waktu shalat tiba maka Kontroller akan membunyikan Suara Adzan yang telah tersimpan Di SD Card. Pada kesempatan kali ini saya masih membuatnya dalam bentuk simulasi, disini saya menggunakan Proteus untuk menjalan simulasinya.

     Langsung saja saya telah membuat skematiknya seperti gambar dibawah ini:

 

    Dan untuk hasil setelah diisikan program:

 

 

 

 

 

 

Dan gambar dibawah ini merupak tampilan utama dari Jam + Jadwal Shalat abadi.

    Pada gambar diatas dapat dilihat bahwa terdapat 5 Tombol yang memiliki fungsi yang berbeda-beda, Salah satunya adalah Untuk mengatur Jadwal Sholat Abadi Dan untuk mengatur Jadwal shalat tersebut kita tidak perlu merubah program melainkan dengan Mengubah Titik Koordinat dan Wilayah Bagian Tempat dimana kita berada. 

    Dalam Mode pengaturan Jadwal kita pertama akan disuguhkan dengan pengaturan Latitude selanjutnya pengaturan Longitude dan yang terakhir adalah pengaturan Wilayah bagian.

Dimana kita bisa mengetahui Nilai Latitude Dan Longitude Wilayah kita???

Lihat Nilai Latitude Dan Longitude.

Klik Bagian Lokasi yang sesuai dengan keberadan Jam.

Klick kanan bagian merah Dan Klick What”s Here? Maka Akan muncul Nilai Latitude Dan Longitude.

Setelah muncul Gambar Seperti Diatas maka masukkanlah nilai Latitude Dan Longitudenya. Lingkaran merah Nilai Latitude dan Lingkaran Biru Nilai Longitude.

Masukkan Nilai Latitude.

Masukkan Nilai Longitude

Dan Masukkan Wilayah Bagian Dimana Anda berada.

Fitur tambahan dari jam ini adalah dilengkapi dengan program pengaktif Suara Adzan yang disimpan didalam Micro SD.

Mungkin tutorialnya cukup sampai disini saja. untuk lebih tau isi lebih detailnya silahkan dicoba sendri.

Untuk alat yang baru ini saya belum mempunyai Hardwerenya karena PCB masih dalam Proses Pencetakan Dipabrik. Namun saya akan membagikan Design PCB nya buat teman teman yang ingin membuatnya langsung ke dalam PCB. Untuk design saya menggunakan Aplikasi EAGLE CADSOFT. Dan untuk skematik Eagle bisa dilihat dibawah ini.

Dan dibawah ini adala hasil dari konversi Skematik ke layout PCB.

Untuk File Eagle Silahkan Download Disini

Untuk File PDF yang siap cetak Silahkan Download Disini

Bagian Utama Supaya Jam ini berjalan Adalah Source Codenya, dan disni saya sudah menyiapkan Source Codenya beserta Library yang digunakan yaitu RTClib.h

Password File Program Jam ini tanyakan Via Facebook Atau Instagram

Source Code Silahkan Download Disini.

Saya selaku penulis memohon maaf jika ada kata-kata yang salah atau tidak berkenan dihati pembaca. Semoga Postingan ini Bermanfaat bagi semua. SALAM NGOPREK….!!!!!

April 16th, 2017 by