www.calesmart.com
www.calesmart.com
www.calesmart.com
www.calesmart.com

Jam Digital LCD 20×4 Arduino (Arduino Real Time Clock LCD 20×4)

Menampilkan jam digital dan kalender pada LCD 20×4 berbasis arduino. Alat ini bekerja layaknya jam digital seperti yang biasa kita temui. Waktu yang ditampilkan berjalan dengan format: jam, menit, detik dan kalender dengan format: tanggal, bulan, tahun. Mikrokontroller yang digunakan adalah sebuah board arduino uno v3 berkolaborasi dengan LCD 20×4. LCD 20×4 mampu menampilkan 4 baris tulisan dengan jumlah 20 karakter tiap barisnya. LCD ini dilengkapi backlight yang mampu membuat karakter yang tertulis akan tetap nampak meski dalam kegelapan. jam digital berbasis arduino uno ini sangatlah efisien karena tidak perlu mengatur jam maupun tanggal, namun dapat update secara otomatis karena dilengkapi dengan IC RTC (Real Time Clock).

Sebelum teman-teman membuatnya langsung alangkah baiknya dicoba dulu menggunkan simulasi agar bisa mengetahui kinerja rangkaian.

Disini saya mensimulasiknnnya menggunakan softwere Proteus yang bisa didownload secara gratis, pada softwere proteus ini saya tambahkan Library Arduino, LCD, Dan RTC agar mempercantik tampilan. bagi teman-teman yang ingin mendownload library tersebut bisa langsung klik pada setiap library yang pertama Library Arduino yang kedua Library LCD dan yang terakhir Library RTC Library ini sangat kompatible dengan proteus dan sangat mudah untuk digunakan.

 

Bagi yang belum paham tentang proteus saya sudah membuatkan rangkaian simulasinya dan bisa langsung didownload Disini.

Untuk Source code Dan Library RTClib.h Bisa Didownload dibawah ini:

Password tanyakan Via Instagram atau Facebook

1.Source Code Jam LCD 20×4.

   Download Disini

Dan dibawah ini merupakan hasil dari Hardwere yang sudah dibuat secara Real.

April 9th, 2017 by