www.calesmart.com
www.calesmart.com
www.calesmart.com
www.calesmart.com

Cara cerdas mengerjakan Tugas Akhir cepat selesai

www.blog.calesmart.com

Sekian lama saya gak buka grup FB Teknik Telekomunikasi kampus seberang, ketika saya buka grup itu tiba-tiba mata saya tertuju suatu artikel. artikel pertama tentang robot membawa ikan yang dapat dikendalikan dengan komputer. setelah selesai saya baca artikel itu, kemudian saya di sajikan artikel kedua yang semakin GIla. kira-kira apa itu?bukan bermaksud apa-apa, dengan rasa penasaran saya buka new tab browser saya dan hasilnya ternyata emang artikel itu judulnya tentang gila, dengan judul lengkap 11 cara Gila mengerjakan skripsi agar Tugas akhirmu cepat selesai. ha ha ha.. efek kemarin ada mahasiswa yang bertanya tentang TA.

Kebayakan mahasiswa setelah mengambil semua mata kuliah dan disertai kerja Praktek di hantui rasa galau. Karena kini tiba saatnya bermain doTA. Seusai menyelesaikan kewajiban teori, kini saatnya menguji kemampuan  berdasarkan teori yang sudah diambil dan strategi yang dimiliki. Tidak sedikit mahasiswa yang mengaku termasuk penulis juga bahwa momen tersebut adalah momen yang terberat selama kuliah sehingga tidak sedikit mahasiswa yang KO (kalah red) di momen ini. Entah alasan referensi yang tidak ada, alat yang tidak mendukung, tempat yang kurang nyaman, Pembimbing yang sibuk sampe alasan males.

Berikut ini saya ringkaskan artikel yang didapat dari situs IDN times dengan nikname penulis Priscilla Immaculata Silaen yang di publish pada tanggal 27 Januari 2017 seperti pada link ini.

  1. Membuat deadline sendiri disertakan peringatan yang membuat Anda merasa rugi kalau menunda mengerjakan skripsi. Tidak sedikit mahasiswa akan berpikir bahwa  jika menunda 1 hari skripsi sama dengan 1 hari menunda pernikahan. ha ha ha meskipun itu bersifat relatif.
  2. Usahakan memilih tema penelitian yang memang kamu sukai dan pahami. Jangan karena standar ketinggian, skripsimu malah gak jelas akan selesai kapan. nah kalo ini penyakit yang sering banget muncul. Saking kita berpikir Tugas Akhir harus sempurna maka biasanya mahasiswa milih materi yang sulit, dengan asumsi penguji tidak paham akan materinya sehingga saat pendadaran tidak terlalu banyak pertanyaan.wah ide yang bagus tapi tidak bagus untuk diterapkan.tanya kenapa? kalo dosen aja belum paham apalagi selevel mahasiswa meskipun tidak sedikit pengetahuan mahasiswa di atas dosennya. Jadi antara paham dan gak paham itu adalah bersifat relatif.
  3. Meski belum teruji benar, pilih dosen yang punya gender berbeda denganmu. Kadang kalau sama-sama lelaki atau perempuan, sensinya suka berlebihan. ha ha ha, kalo ini mah saya gak komen. tapi kalo sesama lelaki biasanya gak apa-apa tapi kalo sesama cewek itu yang mungkin perlu di uji kebenaranya meskipun tidak semua begini..
  4. Kerjakan skripsi di tempat yang memang kondusif. Pilih tempat yang memang membuatmu nyaman dan bisa konsentrasi tinggi.
  5. Perlakukan dosen pembimbing macam gebetan. Cari tahu kesukaannya biar proses skripsimu jadi lebih gampang. ini bukan berarti dosen pembimbing di kasih uang dan yang mengerjakan TA lhooo.
  6. Seandainya dosenmu nulis buku, jangan lupa gunakan buku tersebut sebagai referensi. Kalau gak sesuai sama tema penelitianmu, bawa aja pas bimbingan biar dosen tahu kamu ‘baca’. Jadi jika kita mau bimbingan kita harus persiapan materi dulu biar kalo di tanya dosen bisa jawab.
  7. Rajin-rajin datang ke wisudaan teman biar cepat termotivasi. Malah kalau bisa ke nikahan sekalian, biar lebih semangat lagi. Wah kalo ada yang nikahan sebelum wisuda gimana?kalo yang begini no komen lah..he he he.
  8. Kurangi jadwal nongkrong, manggung, atau apapun itu supaya kamu fokus. Kalau Pak Jokowi bilang, “Kerja, kerja, kerja” ya kamu “Skripsi, skripsi, skripsi.”. atau dengan slogan doTA doTA dan doTA,bukan game dota dota dota ya….he he he. kadang ada keuntungan dan kerugian gak bisa main dota. keuntungannya ya bisa fokus doTA (do TA) tapi kerugiannya kalo hati pas galau gak bisa main game ini. 😉
  9. Pastikan kamu berada pada lingkungan mahasiswa yang ingin segera lulus jadi sarjana. Hindari dulu teman yang kegiatannya masih main saja. nah ini riskan banget nich. kadang kita pengin cepet lulus tapi bergaul dengan orang yang leha-leha( alias santai banget) yang ujung-ujungnya kita juga ikutan santai. kalo inget pepatah kalo kita dekat penjual minyak wangi maka kita juga mencium bau wangi, tapi kalo kita dekat dengan tempat sampah maka kita juga mencium bau Sampah…he he he kayaknya pepattahnya bukan itu dech,,maaf lupa.
  10. Jangan lupa minta doa sama orangtua. Meski mereka berada jauh dari kita, tapi doanya masih sampai juga.

    www.blog.calesmart.com

    Emak ingin aku wisuda

  11. Terakhir, kamu juga harus dong rajin berdoa minta penyertaan Allah. Ingat skripsi bisa selesai selain karena usaha tapi juga rahmat dari Yang Maha Esa. jadi Intinya adalah kita harus berdoa sebelum bertindak kemudian kita berusaha sebaik-baiknya setelah itu hasilnya kita serahkan kepada Allah. kalo kata ustadz kita harus doa–>ikhtiar–>doa .

Demikian ringkasan artikelnya, semoga bermanfaat.

Februari 2nd, 2017 by