www.calesmart.com
www.calesmart.com
www.calesmart.com
www.calesmart.com

Jam Digital Seven Segment Tanpa Program “microcontroller”

www.blog.calesmart.com

Halo temen temen, udah lama nih ga bikin artikel tentang elektronik lagi. Ada kayaknya lebih dari sebulan ya :D.

Mohon maaf temen temen, kemarin itu saya masih sibuk dengan tugas-tugas kuliah saya.

Udah ada kayaknya hampir 2 bulan saja janji ke temen temen untuk menjelaskan serta membagikan rangkaian jam digital sederhana yang dapat menyala tanpa harus menggunakan program pada mikrokontroller.

Nah sesuai dengan janji saya akan berbagi rangkaian jam digital sederhana yang tanpa program mikrokontroler itu, pertama yang harus kalian ketahui sebelum memulai untuk membuat jam ini adalah memahami bagaimana konsep dari sebuah rangkaian penghitung maju dan mundur tanpa menggunakan mikrokontroler.

Kenapa kita harus memahami rangkaian penghitung maju dan mundur? karena dalam membuat sebuah jam tentunya angka yang ada pada tampilan jam tersebut akan selalu dihitung maju setiap detiknya atau dihitung mundur mungkin saat kita akan menyesuaikan angka waktu yang dibuat. Tanpa memahami dari bagaimana sebuah rangkaian penghitung maju atau yang biasa disebut counter up bekerja, tentunya nanti kita akan merasa kesulitan memahami rangkaian jam yang terdiri dari penggabungan beberapa rangkaian counter up.

Jadi kalau jam digital 6 digit akan ada 6 buah rangkaian dasar untuk counter up. Nah seperti rangkaian counter up di artikel sebelum nya, kita disini masih menggunakan IC yang sama yaitu sebuah ic 74192 yang bisa dipakai untuk hitung maju dan mundur tergantung dapi pin mana sumber clock diberikan. Kalau masuk ke pin count up jadilah dia counter up. Kalau masuk ke pin count down nanti dia jadi counter down.

www.blog.calesmart.comTentunya sesuai gambar rangkaian dasar nya display seven segment disini bersifat simulasi yang artinya dia akan menampilkan logika saja bahwa pin atau jalur seven segment akan menyala seperti itu. Untuk rangkaian pada kenyataan ya seperti apa?

gambar diatas merupakan hasil simulasi diproteus, bagi teman teman yang ingin mencoba silahkan membuat rangkaiannya diproteus.

November 30th, 2016 by