www.calesmart.com
www.calesmart.com
www.calesmart.com
www.calesmart.com

Apa itu IP Publik dan IP Private pada jaringan Komputer

www.calesmart.com

Selamat siang, pada kali ini saya akan menjelaskan tentang IP Privat dan Ip publik. Untuk kepanjangan dari IP dapat dilihat disini. Pada suatu konfigurasi jaringan terdapat 2 IP yang digunakan yaitu IP Privat dan IP Publik. Sebelum saya menjelaskan Jenis-jenis IP kita pelajari dulu apa itu jaringan komputer. Pengertian dari Jaringan komputer adalah sekumpulan komputer, serta perangkat-perangkat lain pendukung yang saling terhubung dalam suatu kesatuan dengan menggunakan protokol komunikasi melalui media komunikasi sehingga dapat saling berbagi informasi, sharing komputer, program dan lain-lain.

Media jaringan komputer dapat melalui kabel atau tanpa kabel sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat saling melakukan pertukaran informasi, seperti dokumen dan data, dapat juga melakukan pencetakan pada printer yang sama dan bersama-sama memakai perangkat keras dan perangkat lunak yang terhubung dengan jaringan. Pada setiap komputer, ataupun perangkat yang terhubung dalam suatu jaringan disebut dengan node. Dalam sebuah jaringan komputer dapat mempunyai lebih dari satu bahkan jutaan node.

Keuntungan dari menggunakan jaringan komputer antara lain:

  1. Sharing data. Pada suatu konfigurasi jaringan komputer yang sama seluruh program,peralatan, atau perangkat lain dapat dimungkinkan untuk saling berbagi. contoh yang sering kita jumpai yaitu penggunaan sharing printer untuk pencetakan di warnet atau institusi yang terhubung dalam suatu jaringan. selain itu penggunaan server sebagai pangkalan data atau master progam yang menghemat puluhan sampai ratusan GB.
  2. Integrasi Data. Pada suatu jaringan komputer dapat juga dimungkinkan untuk integrasi data agar semua data yang diolah disimpan diserver pusat. Jaringan komputer bisa digunakan untuk menyimpan datalog dari mesin produksi dan menyimpan semua data dari dua atau lebih mesin produksi ke dalam 1 server yang dapat di akses secara luas.
  3. Keamanan Data. Pada jaringan komputer selain sharing dan integrasi data juga dapat digunakan untuk keamanan data. Karena pada jaringan kompuetr dapat dimungkinkan untuk pembagian akses terhadap user tertentu. Selain itu dengan menggunakan  jaringan komputer, kita dapat monitoring aktivitas user yang login ke komputer tertentu dan merekam aktivitasnya.
  4. Remote Komputer. Pada suatu jaringan komputer, kita dapat mengendalikan komputer kantor dari rumah atau sebaliknya. hanya berbekal software kita bisa mengendalikan, transfer data, delete data dsb tanpa meninggalkan meja kerja. Untuk Cara mengendalikan komputer dari jauh dan software yang digunakan, saya akan jelaskan pada tutorial selanjutnya.

Sekarang versi IP Address terdapat 2 jenis yaitu IP Versi 4 (IPv4) dan IP versi 6(IPv6). Pada IPv4 total yang dapat divariasikan sebesar 32bit. dan dibagi menjadi 4kelompok masing-masing 8bit dan hanya berisi bilangan biner. Sedangkan pada IPv6 jumlah bit yang dapat divariasikan sebanyak 128bit dan dibagi menjadi X kelompok yang masing-masing berisi X bit dan berisi bilangan hexadesimal.

Kembali ke topik, bahwa dalam suatu jaringan terdapat 2 IP yaitu IP Privat dan IP publik. IP Privat yaitu IP yang bersifat lokal dan tidak bisa digunakan untuk mengakses internet serta penggunaannya bebas. Sedangkan IP Publik bersifat mengglobal, bisa digunakan untuk mengakses internet namun penggunaannya atau konfigurasinya tidak bisa bebas. Pada IP Publik ada protokol yang mengatur dan tidak sembarangan kita menggunakannya. alasannya kenapa? karena IP Publik sebagai identitas kita di dunia maya sehingga IP ini harus berbeda dengan yang lain. Dalam satu institusi tidak diharuskan mempunyai lebih dari satu IP publik, dan biasanya dalam satu institusi hanya mempunyai 1 IP publik dan tergantung provider yang digunakan. Untuk mengetahu IP publik secara online dapat di klik disini atau mengunjungi https://www.iplocation.net/

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat.

Oktober 27th, 2016 by