www.calesmart.com
www.calesmart.com
www.calesmart.com
www.calesmart.com

Jam Digital Alarm Arduino Display Seven Segment

Untuk anda yang ingin membuat sebuah jam digital canggih lengkap dengan jam, menit, serta alarm, disini saya akan membagikan salah satu proyek arduino yang sangat berguna dan cocok digunakan untuk tugas akhir sekolah maupun skripsi elektronika bagi yang sudah kuliah.

Jam digital kali ini berbasiskan arduino yang menggunakan IC ATMEGA328. Dalam proyek ini saya menggunakan Aruino Nano yang ukurannya cukup kecil. Jam digital    ini sudah dilengkapi dengan sebuah IC RTC, yaitu sebuah IC yang dapat menyimpan data waktu maupun tanggal walaupun power supply untuk jam itu sendiri mati.

Agar jam digital ini dapat terus meng-counter waktu pada saat listrik padam, maka diperlukan nya sebuah battery backup untuk tenaga cadangan bagi IC RTC hingga berbulan bulan lamanya tanpa ada arus listrik ke rangkaian jam digital.

Jam digital ini bisa menggunakan display seven segmen common anoda maupun common catoda tergantung dari pemasangan transistor driver terhadap seven segmen.

Pada jam digital ini dilengkapi dengan 3 tombol yang dapat digunakan untuk mengatur jam, menit serta alarm.

Karena Untuk mempermudah bagi yang ingin membuat saya menyediakan 2 Source Program. Kerana seperti yang anda ketahui seven segment memiliki dua jenis, yaitu Common Anoda dan Common Catoda.

Bahan yang dibutuhkan:

1. Arduino Uno

2. Module RTC DS1307

3. Seven Segment 4 buah (Bebas “CA/CC”)

4.Tombol 4 buah

5. Komponen Pendukung.

Untuk skema rangkaian dapat diliht pada gambar dibawah ini.

Dipostingan ini saya membuatnya kedalam PCB double layer. dan bagi teman teman yang ingin membuatnya keadalam single layer maupun langsung menggunakan module arduino bisa menggunakan rangkaian skematik diatas.

Untuk Source code Bisa Didownload dibawah ini:

Password tanyakan Via Instagram atau Facebook

1.Common Anoda

Download Disini

2.Common Catoda

Donwload Disini

PCB Eagle: digital-clock
Untuk video hasilnya dapat dilihat Disini
Untuk lebih lengkapnya silahkan kunjungi http://myblogdickybmz.blogspot.co.id/
September 26th, 2016 by